what's up...

putaran waktu

butterfly

Click here to get more from MasterGreetings.com

peterpan

peterpan

best supporter, mana niech... jagoan kamu??? klik aja!!!

starleat niech....

starleat niech....

Selasa, 15 Juni 2010

saatnya south africa


Fédération Internationale de Football Association (FIFA) atau Federasi Internasional Persatuan Sepak Bola adalah badan pengatur internasional sepak bola. FIFA bermarkas di Zürich, Swiss.

FIFA didirikan di Paris pada 21 Mei 1904 dan merayakan hari jadinya yang ke-100 pada 2004. Pada April 2004, FIFA mengumumkan bahwa mereka memperkirakan akan meraup keuntungan sebesar $144 juta dari $1,64 miliar dalam pendapatan antara tahun 2003 dan 2006.

FIFA juga mempromosikan sepak bola, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA, dan menerbitkan daftar Peringkat Dunia FIFA setiap bulannya.

Peraturan sepak bola ditetapkan oleh IFAB (International Football Association Board), yang terdiri dari empat wakil dari FIFA dan masing-masing satu wakil dari Asosiasi Sepak bola Inggris, Asosiasi Sepak bola Skotlandia, Asosiasi Sepak bola Wales dan Asosiasi Sepak bola Irlandia.

Piala Dunia FIFA 2010 merupakan edisi kesembilan belas dari Piala Dunia FIFA, yang akan diselenggarakan di Afrika Selatan, 11 Juni hingga 11 Juli 2010. Edisi ini adalah edisi pertama Piala Dunia dilaksanakan di benua Afrika, yang membuat turnamen dilaksanakan di Benua Afrika yang merupakan wilayah CAF, sehingga menyisakan OFC sebagai satu - satunya konfederasi yang belum pernah menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia FIFA. Pertandingan pembukaan dan pertandingan final akan dilaksanakan di Stadion Soccer City, di kota terbesar Afrika Selatan, Johannesburg.

Terdapat dua buah lagu tema untuk edisi ini, yakni lagu K'naan berjudul Wavin' Flag dan lagu Shakira ft. Freshlyground berjudul Waka Waka (This Time for Africa).

Benua Afrika dipilih untuk menjadi tuan rumah kompetisi ini, sebagai bagian dari kebijakan baru FIFA untuk merotasi tempat penyelenggaraan turnamen Piala Dunia FIFA di antara konfederasi - konfederasi FIFA.

Maskot

Zakumi, maskot resmi turnamen.

Maskot resmi dari turnamen edisi ini adalah Zakumi. Zakumi adalah seekor macan tutul berwarna kuning, dengan rambut "nyentrik" berwarna hijau, mengenakan kaus bertuliskan "South Africa 2010", dan celana pendek berwarna hijau, dan tengah memegang sebuah bola. Zakumi lahir pada 16 Juni 1994, bertepatan dengan Hari Pemuda di Afrika Selatan sehingga akan dirayakan secara global dengan tajuk Piala Dunia FIFA 2010.

Jabulani, bola pertandingan resmi Piala Dunia FIFA 2010.

Nama Zakumi berasal dari kata "Za", yang merupakan kode dua huruf untuk Afrika Selatan, dan "kumi", sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika.[1]

Bola pertandingan

Bola resmi yang dipergunakan pada pertandingan Piala Dunia 2010 adalah Jabulani. Bola ini dibuat oleh Adidas, dan diperkenalkan tepat sebelum pengundian grup piala dunia 2010 pada tanggal 4 Desember 2009. Jabulani menurut bahasa Zulu berarti "merayakan"

Berikut merupakan lima negara yang mengajukan pencalonan tuan rumah penyelenggara.

Berdasarkan keputusan Komite Eksekutif FIFA yang tidak memperbolehkan adanya tuan rumah bersama, Flag of Tunisia.svg Tunisia mengundurkan diri dari proses pencalonan. Komite Eksekutif juga memutuskan untuk tidak melanjutkan pencalonan tunggal Flag of Libya.svg Libya, karena tidak memenuhi seluruh ketentuan yang tertulis dalam daftar persyaratan resmi yang dikeluarkan FIFA.

Tim peserta

Berikut merupakan 32 tim yang lolos ke putaran final. (disusun secara alfabetis)

AFC (4)
CAF (5+1)
CONCACAF (3)
CONMEBOL (5)
OFC (1)
UEFA (13)










0 komentar:

a name of a story © 2008 Por *Templates para Você*